+62-8962-7528-881
info@stokmadu.com

Tips Mengetahui Keaslian Madu

Tips Mengetahui Keaslian Madu – Sejak dulu madu telah dipercaya memiliki jamak khasiat yang mampu menyehatkan bagi tubuh manusia. Beberapa hasil penelitian telah membuktikan bahwa madu kaya akan manfaat. Tidaklah mengherankan apabila pada akhirnya masyarakat memilih untuk membeli madu lalu secara rutin mengonsumsinya.

Di sela-sela kepopuleran khasiat madu sebagai minuman kesehatan terdapat pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab (oknum) dengan berlaku curang. Pihak tersebut mencoba memalsukan madu dengan berbagai cara.

madu tropis brazil adalah madu lolos hasil uji laboratorium sebagai madu asli

madu tropis brazil adalah madu lolos hasil uji laboratorium sebagai madu asli

Hal tersebut tentu saja merugikan masyarakat sebagai konsumen madu. Nah, agar kita semua tidak tertipu dengan tampilan atau penjelasan yang menyatakan bahwa madu tersebut berkualitasatau asli,  mari kita berusaha untuk jeli mulai saat ini. Dan guna mengetahui keaslian madu, berikut ini Tips Memilih Keaslian Madu yang bisa dipraktekkan.

Tips Mengetahui Keaslian Madu

[1] Cek Kualitas Madu Melalui Uji Laboratorium

Menguji madu di laboratorium adalah cara paling tepat guna mendapatkan data yang akurat. Silakan Anda bawa madu Anda ke sana untuk mengecek asli atau tidaknya madu yang Anda beli. Namun biasanya, pihak penjual sudah mempersiapkan bukti konkrit bahwa madunya memang asli.

Penjual sudah menyalin data hasil uji laboratorium dengan memperbanyak kopian dalam format tulisan sebagai bukti keaslian madu mereka. Dari kopian atau tulisan tersebut biasanya tertera hasil dari tes laboratorium memiliki nilai keakuratan yang cukup tinggi.

[2] Tes Kristalisasi Madu

Cara yang kedua yang bisa dilakukan saat ingin membuktikan keaslian madu adalah dengan tes kristalisasi. Umumnya madu mengandung pemanis alami atau fruktosa lebih dari 70% serta madu pung mengandung enzim tertentu – hal tersebut mampu membuat madu menjadi  tahan lama saat disimpan.

Sehingga saat Anda menyimpan madu di dalam botol kaca, lambat laun madu akan mengkristal yang bisa dijumpai di dasar botol madunya. Kemudian jika Anda menyimpannya dalam waktu lama, tekstur madu akan mengental. Sebaliknya, Anda patut waspada apabila madu yang Anda simpan -dari hari ke hari -teksturnya justru semakin cair.

[3] Tes Keaslian Madu Menggunakan Air

Cara sederhana untuk mengecek keaslian madu adalah dengan menggunakan air. Siapkan gelas kaca yang berisi air, kemudian tuangkan satu sendok madu ke dalamnya. Kandungan air pada madu asli sangat sedikit. Oleh karena itu, madu asli akan tenggelam ke dasar gelas. Selain itu, madu asli juga akan sulit tercampur dengan air meskipun Anda mengaduknya.

Tips Mengetahui Keaslian Madu

Anda perlu curiga apabila madu yang Anda beli tidak tenggelam ke dasar gelas. Terlebih lagi jika madu tersebut mudah menyampur saat Anda aduk. Itu tandanya kandungan air dalam madu Anda cukup tinggi.

[4] Tes Rasa Madu

Madu asli memiliki rasa dan aroma yang berbeda, tergantung dari sumber dan asalnya. Madu hutan asli dan madu dari peternakan lebah rasanya memiliki keunikan tersendiri. Varian madu hitam bahkan memiliki rasa yang cenderung pahit.

Tapi satu kesamaan yang bisa Anda temukan dari semua jenis madu asli. Rasa madu asli cenderung kuat. Jika Anda terbiasa mengonsumsi madu asli, Anda akan dengan mudah menemukan perbedaan dengan madu palsu.

Madu asli memiliki rasa dan aroma yang kuat serta tidak mudah hilang. Jika Anda membuka tutupnya selama beberapa menit, rasa dan aromanya tidak akan berubah. Berbeda dengan madu palsu yang rasanya akan berubah saat terpapar udara.

Tips Mengetahui Keaslian Madu

[5] Tes Tingkat Kelengketan Madu

Madu asli maupun palsu sama-sama terasa lengket jika terkena kulit. Namun jika Anda jeli, ada perbedaan antara keduanya. Cobalah untuk mengambil sedikit sampel madu, kemudian celupkan jari Anda pada sampel tersebut. Setelah itu diamkan jari anda selama kurang lebih 2 menit.

Biasanya madu asli akan meleleh perlahan serta tidak dapat dipisahkan dari sumbernya. Sedangkan madu palsu atau oplosan akan meninggalkan bekas yang sangat lengket. Apabila Anda tempelkan dengan jari lainnya, maka akan terasa ada bagian madu yang terus melekat. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang dicampurkan pada madu palsu.

[6] Tes Dengan Memasukkan Madu ke Kulkas

Madu asli memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Apabila Anda menyimpan madu di dalam kulkas, maka madu tidak akan membeku atau menggumpal. Sedangkan madu palsu biasanya telah dicampur air dan gula. Ketika Anda memasukkan madu palsu ke dalam kulkas, maka teksturnya akan berubah menjadi gumpalan atau membeku.

[7] Tes Keaslian Madu dengan Kertas

Madu yang asli memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Berbeda dengan madu palsu yang sudah diberi campuran air dan gula. Tips memilih madu asli yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan kertas.

Caranya, tuangkan satu sendok makan madu ke atas kertas, kemudian diamkan selama 3 menit. Jika bagian bawah kertas tidak berlubang atau robek, maka kemungkinan madu Anda asli. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada kandungan air yang menembus kertas.

Berbeda dengan madu asli, madu palsu akan meninggalkan bekas robekan pada kertas. Hal ini membuktikan bahwa madu tersebut memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga ada bagian air yang menembus kertas.

[8] Tes Keaslian Madu dengan Pasir

Madu yang asli memiliki tekstur yang kental. Apabila Anda menuangkannya ke suatu media, maka madu seharusnya tidak mudah menyebar. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengetes keaslian madu adalah menggunakan media pasir.

Tips Mengetahui Keaslian Madu

Caranya, letakkan pasir di dalam piring. Kemudian tuangkan satu sendok makan madu ke atas pasir tersebut. Diamkan selama kurang lebih dua menit. Apabila madu tersebut asli, maka madu tidak banyak berubah bentuk. Madu asli juga tidak akan menyebar dan terserap ke dalam pasir. Hal ini dikarenakan madu tidak memiliki kandungan air yang tinggi.

Apabila madu Anda terserap dan menyebar ke area sekitarnya, kemungkinan madu Anda telah dicampur dengan air. Kandungan airnya yang tinggi membuat tekstur madu palsu menjadi encer dan tidak kental.

[8] Tes Kejernihan Madu

Kebanyakan orang akan memilih madu yang tampak bersih dan jernih. Namun sebenarnya, salah satu ciri madu asli justru terletak pada warnanya yang pekat. Bahkan terkadang masih ada sisa serbuk sari atau bekas sarang lebah yang tidak tersaring.

Kebalikan dengan madu asli, madu palsu biasanya memiliki penampilan yang menarik. Kondisi madu palsu yang telah dicampur air akan membuat teksturnya encer, sehingga mudah disaring. Hal ini menyebabkan Anda tidak akan menemukan sisa kotoran alami pada madu.

[9] Tes Madu dengan Api

Salah satu tips memilih madu asli yang bisa Anda lakukan di rumah adalah menggunakan api. Ambil satu batang korek api, kemudian celupkan pada madu. Diamkan beberapa saat, kemudian angkat batang koreng tersebut. Lalu coblah nyalakan batang korek itu. Jika batang korek masih bisa menyala setelah digesek, kemungkinan madu Anda asli.

Jika yang terjadi adalah batang korek tidak dapat menyala, maka kemungkinan madu tersebut palsu. Hal ini pertanda bahwa madu sudah dicampur dengan air, sehingga kelembabannya tinggi.

Tips Mengetahui Keaslian Madu

[10] Tes dengan Semut

Madu asli mengandung enzim khusus serta aroma kuat yang tidak disukai oleh semut. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai tips memilih madu asli. Cobalah tuangkan satu sendok makan madu ke dalam wadah kecil, biarkan terbuka. Diamkan selama satu hari. Apabila tidak ada semut yang tertarik mendekati madu, kemungkinan madu Anda asli.

Jika keesokan hari Anda menemukan sekumpulan semut di sekitar madu, maka kemungkinan madu tersebut palsu. Bahan-bahan campuran yang digunakan akan menghilangkan aroma alami madu. Selain itu rasa manis dari campuran gula justru akan menarik perhatian semut.

Anda berminat dengan Madu Tropis Brazil? Sila pesan sekarang juga!

Madu memang memiliki banyak khasiat. Tetapi jika Anda mengonsumsi madu palsu, tentu bukan manfaat yang akan Anda dapatkan. Semoga artikel XXX di atas bisa membantu Anda dalam memilih madu.

 


Sumber http://st1.thehealthsite.com/wp-content/uploads/2015/01/Real-and-fake-honey

 

Respond For " Tips Mengetahui Keaslian Madu "